Kamis, 01 Desember 2011

Edisi 4 Kompetisiblog : Kuliner Pulau Sumatera

Sebelum gw membahas Kuliner Sumatera. Biarkan gw bercerita sebentar..
Sewaktu gw di California, gw sempat mencoba ayam CFC disana. gw sempat juga foto fotoan bareng dengan bule disana. sungguh banyak pengalaman disaat gw di California, walaupun kebanyakan gw habiskan waktu gw diluar ruangan. bukan jalan jalan, melainkan nyender dipinggir jalan sambil memegang kecrekan dan pengalaman yang paling berkesan adalah saat gw dikejar massa oleh bule bule disana, hanya gara gara nyuri ayam goreng di CFC..
Tragis dan untungnya itu semua hanyalah fiktif..

dari cerita diatas, kita bisa melihat bahwa salah satu kuliner di California adalah CFC atau California Fried Chicken. gurih dan crispy nya.. terasa dari lidah sampai keperut. saat digigit. ada sensasi yang berbeda dari ayam lain. hmm... enak.. lapar nih.. beliin donk.. *abaikan


Balik lagi ke bahasan mengenai "Kuliner Sumatera" . jika di California ada CFC, tentunya di Sumatera jauh lebih banyak sampai sampai ga bisa kuhitung pakai jari jari gw disini. sebelum kujelaskan mengenai kuliner di pulau Sumatera. ada baiknya gw memberitahu apa itu arti dari kuliner itu sendiri.

Kuliner adalah suatu seni dalam mengolah bahan pangan hingga menjadi makanan yang memiliki cita rasa tersendiri. jika dikaitkan dengan Kuliner Sumatera. Jelas sekali kuliner Sumatera memiliki banyak cita rasa dan khas tersendiri. kenapa Kuliner di Sumatera berbeda beda?
dimulai dari daerah yang berbeda, selera yang berbeda, sampai bahan pangan yang tersedia di daerah tersebut.
intinya, setiap orang jika memasak pasti ada khasnya tersendiri. semua orang pasti bisa buat kuliner, gw juga bisa membuat kuliner sendiri, setiap gw masak pasti hasilnya berbeda dari yang lain dan gw juga yakin makanan yang gw buat sendiri pasti beracun buat gw sendiri.

setelah mengerti mengenai kuliner itu apa. sekarang gw berikan contoh Kuliner di Pulau Sumatera.
berikut adalah contohnya..

Kuliner Sumatera Barat 

 Rendang Balado
 Bumbunya yang berasal dari cabe merah tersebut nikmatnya ga ada bisa menandinginya. terbuat dari sapi sendiri. kadang ada yang pakai ayam, tapi dari apapun itu,. tetaplah rendang dengan bumbu balado is the best. recomended banget kalo dicampur pake nasi.. wuihh... perut pun sampai bisa ngomong. *abaikan




 Nasi Padang
mengenai Nasi Padang. yang buat enak itu adalah bumbu dan kari yang lezat nan pedas. dimakan pakai tangan malah lebih nikmat. mungkin nasi padang ini bakal ada sampai tahun 2041 sangkin enaknya dilahap. *ngasal
Sate Padang
Sate yang bisa terbuat dari ayam ,lidah dan sapi ini memang ga ada yang bisa nolak deh apalagi dicampur dengan krupuk kikil. wahh.. satpam pun bisa bilang enak..









Sumatera Utara

 Babi Panggang Karo
Bumbu Babi Panggang Tapanuli Utara atau Babi Panggang Karo (BPK) jelas sangat berbeda. Potongan daging BPK pun lebih tebal,  Potongan dagingnya pas sehingga teksturnya pun crispy. Kalau dicocol dengan sambal andaliman, rasanya bisa bikin melayang! Nge Fly.!!
 Saksang  
Bisa dimasak dengan darah maupun tanpa darah. Kalau ingin mencicipi yang otentik, kamu kudu nyobain yang diolah dengan darah. Daging babi dipotong kecil-kecil, lalu dimasak dengan rias (sejenis bumbu), lengkuas, jahe, andaliman, dan air asam. Rasanya? Silakan coba sendiri, lalu pikir
baik-baik, mau makan lagi ‘kan?eh, sebagai info saksang ini gw denger dengar juga ada yang berasal dari daging anjing. yah.. anjing beneran.. rasanya juga enak.

             Tuak

Kalau orang bule punya bir, orang Medan punya Tuak! Minum Tuak udah menjadi kebiasaan masyarakat Tapanuli, seperti di daerah Tarutung, Porsea, atau Prapat. Bermula dari kebiasaan sehabis marbalian (berladang), masyarakat Tapanuli melepas lelah dengan menikmati Tuak sambil memakan Babi Panggang.

Khusus untuk daerah Tapanuli, Tuak dibuat dari pohon aren, sedangkan daerah pesisir seperti Percut dan Pantai Cermin membuat Tuak dari pohon kelapa. Rasa Tuak dari aren lebih lembut dan empuk, sedangkan yang dari pohon kelapa memiliki rasa cenderung tajam dan ‘ nendang’. Rasa pahit Tuak juga dipengaruhi kulit pohon raru. Uniknya, rasa pahit inilah yang digilai orang-orang. tapi tetap anak kecil dilarang mencoba...



Anyang Ayam
Beralih ke makanan Tapanuli Selatan. Di Madina, ada Anyang Ayam yang rasanya wokeh abis! Daging ayamnya benar-benar lunak. Wajar sih, soalnya sampe dua kali proses: diungkep lalu dibakar. Kuahnya kental dan berlemak karena adanya kelapa gongseng. Minyak kelapa ini betul-betul menyatu dengan ayamnya. Tekstur daging dan kelapa yang kasar pun menimbulkan sensasi tersendiri ketika dicicipi. Kamu bisa ngedapatin sajian ini di Rumah Makan Tapsel Madina di kawasan Glugur.

 Daun Ubi Tumbuk
Yang ini selalu menjadi the best! Di setiap rumah makan, Daun Ubi Tumbuk selalu tersedia. Nggak usah pusing apakah daerah Tapanuli Utara, Karo atau Mandailing yang punya hak paten menu ini, nikmati aja kegurihan daun ubi yang diolah dengan kincung, rimbang bawang merah, daun sereh, dan lengkuas yang digeprak ini. Rasanya makin tak terlupakan ketika krenyes -nya potongan rimbang tergerus bersama gigi. Pokoknya la terkataken (tak terkatakan). hmm.. laper nih..


 Hamporas
Ada yang disalai alias dikeringkan, disambal atau digoreng. Ikan berukuran kecil ini biasa ditemui di sungai beraliran deras. Misalnya di Sungai Pijorkoling Padangsidempuan, di daerah Sitongging, dan Sungai Batang Gadis. Bukan soal rasa gurih dan manis aja yang buat Haporas menjadi salah satu menu andalan Kotanopan.


Pulos-Pulos

Warnanya yang merona berasal dari cabe merah yang digiling. Bersama daun ubi yang direbus lalu diremas dan dipotong-potong dengan campuran bunga pepaya. Taste -nya benar-benar mantap! Rasa pahit bunga pepaya seperti menciptakan ketegasan dari Pulos-Pulos yang berpadu dengan empuknya daun ubi.


Ifumie Binjai
Masakan ini dimasak basah dengan sobekan daging kepiting dan telur ayam seperti sup jagung kepiting (resep originalnya pakai telur bebek sehingga kuah berwarna kemerahan seperti red plum, namun karena customer kian cholesterol–conscious akhirnya digantikan dengan telur ayam). mungkin sekilas info. gw sebagai orang Pekanbaru, itu lebih mirip masakan Capcay. tapi mungkin masakan ini banyak sebutannya.

 RIAU

Asam Pedas Patin
terbuat dari ikan patin yang dicampur dengan bumbu yang pedas dan lezat. cocok jika dimakan bersama nasi putih.


 Gulai Ketamgulai dicampur dengan ketam. ketam lebih mirip seperti kepiting. tapi lebih kecil. dan rasanya tetap memang enak. bagi pecinta sea food ini mungkin makanan yang sedap, pedas dan lezat dari RIAU, tanah kelahiran gw sendiri.
Otak Otak Ikan
Jajanan yang biasa disajikan di jalanan atau food court. terbuat dari daging ikan itu sendiri. memang enak jajanan ini. jadi teringat masa kecil gw dah disaat makan otak otak ini. daging yang lembut dan gurih. mungkin itulah yang tersirat dari makanan tersebut.


Mie Lendir
 Mie yang berkuah kental, jika disajikan hangat, lebih baik. mie dicampur telur dan dedaunan pembuat harum. hmm.. kecium sampai disini.. tapi bohong





 Sumatera Selatan

 Pepes Ikan
ikan yang dimasak dengan berbagai macam bumbu lalu dikukus. mungkin tidak ada yang bisa menyangkal. kalo pepes ikan bisa dianggap sebagai makanan kuliner indonesia.
Empek Empek Palembang
Khas dari Palembang dan rajanya palembang, terbuat dari ikan yang digiling dan dibentuk sedemikian rupa lalu dimasukan telor didalamnya. lalu goreng. enaknya jika dicampur dengan kuah asin beserta mie keriting dan mentimun. asik bos!!.. kesukaan gw juga ini, hehe 







Dari Jambi

 Gulai Belut Pakis

 Seperti di namanya. terdiri dari bumbu gulai yang asam pedas. juga belut yang matang didalamnya. enak jika dicampur nasi. seperti kebanyakan makanan indonesia. tanpa nasi tidak kenyang. iya kan?







Dari Pulau Bintan

Siput Gonggong

meskipun namanya agak menyeramkan dan aneh. tetap siput itu bisa dimakan dan yang jelas enga mengonggong. dicampur dengan sambelnya sebelum dihisap. dengar dengan makan siput bisa buat alat reproduksi kita menjadi lebih baik.


Dari Pulau Batam

Sate Jumbo

sama seperti sate yang biasa dijalanan atau dimana mana. tapi yang membedakan dari sate yang lain adalah. ukurannya dan bumbunya bukan seperti bumbu lain. tapi dari kecap dan jeruk nipis. gurih dan lembutnya daging tersebut. susah ngomongnya lah. haha



Dari Aceh


Sop Sumsum Langsa
aneh yah bentuknya. tapi enak kok. gw udah merasakan sendiri ketika tidak sengaja gw isap isap tulang sapi itu sampai lidah gw kejepit didalam tulang sapi tersebut. mungkin karena itulah ada pipetnya. biar gampang isapnya. enak dan menyehatkan tulang kita.








dan Trakhir Nasi Goreng Hitam Buatan Gw Sendiri.

Nasi Goreng Hitam.
Ga tau kenapa gw bisa buat beginian. kelihatannya ga gosong dan gw bisa makan dengan lahap. tapi entah kenapa siap gw makan. lidah gw asin dan perut gw getar getar ga jelas. dan yang kuhabiskan dari nasi goreng gw adalah hanya kerupuknya doank. untungnya tidak ada racun yang bisa gw amnesia selama berjam jam saat makan nasi goreng buatan gw sendiri.
walaupun ga ada racunnya. tetap gw jadi sering ke kamar mandi. 



 


Kuliner itu tidak terhingga jumlahnya. dimulai dari nasi Goreng buatan gw yang hampir gosong sampai ke makanan yang sudah terkenal oleh orang Indonesia sendiri.
banyak macam macam yang sangat enak dipandang mata dan perut. itulah kuliner, bermacam macam cita rasa, bentuk, rasa dan penampilannya. tetaplah itu semua Kuliner dari Indonesia sendiri. kuliner itu jugalah yang membuat Berbagai daerah di Indonesia memiliki Khas tersendiri dalam hal makanan dan budaya.
Mengingat bahwa kuliner Indonesia tidak terhingga Jumlahnya, gw sebagai penulis postingan ini hanya minta maaf jika tidak lengkap atau tidak sesuai. anda juga bisa menambahkannya di Comment atau mengkritik gw jika gw salah. jujur juga gw saat membuat blog ini gw merasa lapar sendiri. apalagi saat memandang Nasi Padang dan Babi Panggang Karo. buset ini perut ga bisa diajak kerja sama dengan isi dompet gw

Mungkin Cukup sampai disini. gw julius sebagai penulis pecinta Kuliner Sumatera atau salah satu keanekaragaman kuliner di Indonesia ini mau pamit kerumah padang dulu. mau pesan Rendang balado dengan nasi 2 porsi.
hehe... mumpung lagi ga diet...


*semua Gambar dan sedikit ilmu pengetahuan mengenai gambar tersebut dapat dari Google. Selain itu semuanya murni dari otak dan perut gw sendiri..

Postingan ini disponsori oleh :

1 komentar:

  1. Cari makanan favorit di kota Palembang? Ini dia TOP 30 Rekomendasi Kuliner Palembang » http://bit.ly/182NWqq #Kuliner

    BalasHapus