Rabu, 09 November 2011

Edisi 1 KompetisibLog : positif dan negatif jika Pulau Komodo juara New7Wonders


beberapa tempo hari yang lalu, aku sering aja liad twit twit tentang komodo seperti ini "ayo vote komodo sebagai new 7 wonders, cara nya sms ke nomor ini ketik itu. dijamin kalian masuk surga (ngaco)" banyak nya twit seperti ini buat aku binggung aja. ada apa gerangan dengan komodo ini sampai banyak masuk di timeline-ku? kenapa komodo?? kenapa enga ada tulisan ayam pop atau rendang sapi? biar aku samperin langsung ketempatnya (lagi lapar ceritanya)


aku search terus terusan di google dan ceritanya pun membingungkan. ada yg suruh vote, ada yang suruh jangan vote, ada suruh jangan makan banyak (kebetulan lihat artikel cara diet ) banyak macam dah. mungkin karena aku terlalu pintar atau terlalu gimana yah sampai ga ngerti dengan jelas tentang komodo ini.

sebelum aku masuk ke pendapat ku tentang komodo dan new 7 wonders nya. aku jelasi dulu deh buaya bin biawak ini.

komodo adalah kadal terbesar di dunia. bisa makan sapi hidup hidup. dan reptil purba ini hidup di Nusa Tenggara Timur sejak 4 juta tahun lalu. Komodo termasuk hewan langka sangat dilindungi. Reptil ini satu-satunya hewan yang tersisa dari masa dinosaurus. hebat juga yah, existnya kelewatan.
 
"ken gw mau tanya nie.. kenapa sih komodo bisa terkenal gitu, kenapa bukan ayam pop atau rendang aja? kan lebih enak?" tanya gw

"Knp gk ada ayam pop / rendang?
Masalahnya kita ni bangsa berkembang jadi gampang culture shock .. Dpt sesuatu lgs booming " 

ceritanya lagi chatting.. 
dan yang jelas setelah chatting lama.. aku akhirnya bisa simpulkan tentang sisi positif dan negatifnya adalah:
positifnya : - nama indonesia makin terkenal gara gara "komodo"
                 - banyak orang asing mau ke indonesia gara gara "komodo"
                 - semakin cintanya orang indonesia pada kebudayaan bangsa sendiri gara gara "komodo"  
                 - cinta alam indonesia makin tinggi, pelestarian mulai diperhatikan kepada "komodo"
                 - dan produk sabun "kodomo" makin dikenal orang (abaikan)

negatifnya : - seandainya komodo jadi juara new 7 wonders dan wisata asing pasti berdatangan terus. tentunya kebersihan/sanitasi pulau komodo berkurang. kan kasihan komodo udah habitatnya kecil di datengin orang dari 1 dunia lagi.
                     - seandainya komodo jadi juara new 7 wonders dan turis berdatangan, pasti suatu saat akan ada perubahaan budaya setempat oleh pengaruh dari luar negeri. 

mungkin dari kesimpulan aku diatas. dipilih atau enganya pulau komodo sebagai new 7 wonders aku lebih baik tidak memilih.
KENAPA?
setelah dengerin apa kata kawan aku, mungkin hal yang terbaik dibutuhkan oleh pulau komodo ini adalah meningkatkan konservasi alam terhadap habitat komodo. bukan dengan cara menarik wisatawan dulu baru ditingkatkan konservasi alam terhadap habitat komodo, justru dengan penambahan turis ke pulau komodo dapat merubah danpak secara budaya masyarakat disana dan habitat komodo disana dan jika ingin mencari keindahaan di indonesia enga cuma di pulau komodo kan? kan ada candi borobudur, bali, candi prambanan, taman laut bunaken, dll. mungkin aku lupa yg lainnya, tapi intinya masyarakat indonesia belum terlalu sadar akan konservasi alam di situs pariwisata didaerah mereka sampai disaat ada yang menarik dari situs pariwisata tersebut baru lah masyarakat indonesia sadar untuk menjaganya. kenapa enga daridulu sadar bahwa disetiap daerah indonesia ada keindahaan/keunikan tersendiri untuk dijaga? mungkin itu saja pesan aku untuk pemeritah dan yang lain mengenai berita pulau komodo ini..
terima kasih udah diliat.



untuk menghormati postingan ini , saya dengan bangga menaruh gambar  : "Blog Vaganza", Kripik super Pedas "Maicih",  dan blog Detik yang selaku menjadi sponsor di acara kompetisi blog di NHI. sekali lagi. thx yooo... *gambar semua dari Google*
 

2 komentar:

  1. wah hebat dlam 1 bulan, udh ada 5 blog yg lo dh buat.

    http://lechateaudemamere.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. makasih broo... blog lu juga keren tuh.. hehe..

    BalasHapus